4/27/11

KONSEP DASAR ICT

KONSEP DASAR ICT..


A. Pengertian Information Communicatiaon Technologies ( ICT ).
Dalam beberapa dekade ini istilah ICT atau Information communication and technology yang dalam bahasa Indonesia adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ). Jika diuraikan satu persatu TIK terdiri dari tiga kata yang mempunyai arti tersendiri, yaitu kata teknologi, informasi dan komunikasi. Berikut akan diuraikan setiap kata diatas.
Kata tekhnologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, atau techne yang mempunyai arti ‘keahlian’ dan logia yang berarti pengetahuan. Pengertian yang sempit, teknologi merupakan sesuatu yang mengacu pada obyek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas. Dalam sejarah peradabannya manusia sebagai makhluk yang berakal selalu berusaha mendapatkan taraf hidup yang lebih baik dari waktu kewaktu. Dalam proses pencampaiannya manusia memanfaatkan kemampuan akal yang dimilikinya, dengan usaha dan pengalaman manusia mendapatkan ilmu pengetahuan. Setelah memiliki pengetahuan manusia berusaha untuk menerapkan ilmu pengetahuan tersebut menjadi sesuatu yang nyata atau sesuatu yang berfungsi untuk mempermudah manusia dalam menjalankan kehidupannya. Jadi teknologi adalah ilmu pengetahuan yang diterapkan yang bertujuan untuk mempermudah manusia menjalankan kehidupannya.
Informasi adalah pengetahuan dari hasil pengolahan data – data yang berhubungan menjadi sebuah kesimpulan. Informasi juga dapat diartikan sebagai hasil pengolahan data yang digunakan untuk suatu keperluan, sehingga penerimanya akan mendapat rangsangan untuk melakukan tindakan. Informasi erat kaitannya dengan kejadian , fakta, ooyek yang dapat dideskripsikan.
Komunikasi adalah suatu aktifitas penyebaran informasi dari satu pihak kepihak lain melalui suatu media. Ada empat pihak yang terlibat dalam komunikasi yaitu : Komunikator atau pihak yang menyampaikan isi pesan, komunikan atau pihak yang menerima pesan , pesan atau isi yang disampaikan dan media atau perantara yang digunakan antara komunikator dan komunikan dalam menyampaikan isi pesan.
TI atau teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah dan menyebarkan informasi. Dengan kehadiran teknologi yang menciptakan beberapa media mengolah data dan informasi sangat menunjang masyarakat dalam berkomunikasi di berbagai belahan dunia hanya dalam satu tempat tanpa harus pergi ketempat tersebut.
Menurut Richard Weiner dalam Udin Syaefudin ( 2009-183) mengatakan bahwa teknologi informasi adalah pemrosesan, pengolahan dan penyebaran serta oleh computer dan telekomunikasi. Teknologi informasi lebih menitikberatkan pada pengerjaan data, atau bagaimana data diolah dan diproses dengan menggunakan computer.
Menurut Alter dalam Udin Syaefudin ( 2009-184 ), teknologi informasi diartikan sebagai perangkat keras dan lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data.
Menurut McKeown dalam Suyanto ( 2005-10 ), teknologi informasi merujuk kepada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan , menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.
Jadi dapat disimpulkan TI adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat batu pengolahan , menyimpan dan mengubah informasi.
Menurut Puskur Diknas , Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan menggunakan alat Bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat satu ke perangkat lain. Oleh karena itu teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua konsep yang menjadi satu yaitu Teknologi informasi dan komunikasi yang dapat diartikan sebagai kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media.



B. Hakikat Teknologi Informasi
Kemajuan teknologi yang menyatukan kemajuan komputasi, televise, radio, dan telepon menjadi satu kesatuan terbentuk sebagai suatu revolusi informasi global. Teknologi informasi dapat menjadi pendorong kearah kemajuan bangsa. Salah satunya dalam bidang pendidikan.
Teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu memberi perubahan besar di banyak negara . Dalam era global sekarang ini tidak ada lagi batas atau sekat antar Negara, akses informasi dapat diakses oleh semua masyarakat sehingga dapat mengembangkan diri dalam semua aspekkehidupan. Tentunya kita sebagai masyarakat Indonesia tidak dapat menolak arus globalisasi terutama dengan ditandainya kemajuan teknologi infornasi dan komunikasi.
Peranan dunia pendidikan menjadi pitu utama untuk menyaring, mentrasfer dan memberikan constraints sehingga nilai- nilai budaya kita tidak terkikis. Tentunya tugas kita semua untuk sama- sama berpikir mencari format terbaik bagaimana memanfaatkan dan mengevaluasi peranan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air tercinta.
Era informasi dimana informasi dapat di dapat sebanyak- banyaknya melalui media

DAFTAR PUSTAKA


Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. e-Education, Konsep Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta:ANDI Yogyakarta.

Suyanto, M. 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta:ANDI

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Inovasi Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Asra Deni dan Cepi Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta:Depdiknas
Anatta Sanai.(2008). Pengertian TIK. Jakarta. Avaliable at http://duniatik.blogspot.com/2008/02/pengertian-teknologi-informasi-dan.html. Diakses tanggal 30 September 2010.

Risyana. (2010).Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta. Avaliable at http://risyana.wordpress.com/2010/07/23/pengertian-dasar-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik/. Diakses tanggal 30 September 2010.

Anonim. ( 2009). ICT. Jakarta
Avaliable at http://iie-pinkers.blogspot.com/2009/01/pengertian-dan-peranan-ict.html, diakses tanggal 30 September 2010.

No comments:

Post a Comment